Minggu, 28 Desember 2014

tulisan 2 bisnis kreatif " es krim suntik" By Chusnul Apiatin / 1 EB 32 / 22214395



Bisnis kreatif
“ Es Krim Suntik ”

Pendahuluan

Kegiatan bisnis merupakan aktivitas (yang menjual barang atau jasa) yang mendatangkan keuntungan dan dikenal oleh kaum muda hingga kaum tua.  Pada era globalisasi yang canggih  saat ini, masyarakat indonesia khususnya para kaum muda masih bingung dengan manfaat dan tujuan dari bisnis. Padahal, jika kita memahami bisnis, kita akan mendapatkan keuntungan yang kita inginkan dalam aktivitas bisnis tersebut.

Dengan adanya bisnis online para pemula tidak lagi binggung untuk memsarkan produknya, tidak perlu memasarkan produknya dengan menyewa toko atau memasarkannya di pinggir jalan. Bisnis online disamping praktis dan murah, bisnis online juga termasuk cepat dalam hal transaksi, produsen dan konsumen bisa berkomunikasi dan bernegosiasi dengan produk yang diminta atau ditawarkan. Maka dari itu kita harus pintar menciptakan peluang kerja baru untuk mengatasi masalah pengangguran tersebut. Dan salah satunya adalah dengan membuka bisnis. Maka dari itu, penulis ingin membahas tulisan ini yang berjudul “Bisnis Kreatif Es Krim suntik”. Semoga tulisan diharapkan dapat memberikan manfaat baik yang berharga bagi penulis maupun pembaca. Adapun manfaat yang diharapkan penulis yaitu, dapat menjadi bahan referensi untuk bahan pembelajaran, dapat menambah wawasan bagi penulis dan pembaca tentang bisnis, dapat memenuhi tuntutan tugas pengantar bisnis yang bermuatan soft skill kelas 1EB32 tahun akademik 2014/2015, dapat menjadi salah satu sarana pengetahuan.

Dalam karya tulis ini, digunakan metode studi pustaka yaitu metode penulisan karya ilmiah dengan mengumpulkan bahan-bahan, materi-materi, data-data, dan informasi-informasi yang diperoleh dari buku-buku, situs-situs internet atau jurnal yang tersedia.



Isi tulisan

Istilah es krim suntik mungkin terdengar lucu dan agak aneh tapi memang produk inovatif ini mulai banyak ditemukan di kantin sekolah sampai di toko klontong, mulai dari kota besar sampai pelosok daerah. Es lilin yang dikemas rapi dalam alumunium foil sejenis es krim produk merek terkenal ini memang enak. Rasanya yang lezat dan mengandung susu sreta tersedia dalam berbagai rasa. Ada 15 rasa buah-buahan, 6 rasa minuman kafe dan 12 rasa buah susu. Jangan bayangkan es ini akan mencair dan mudah basi, karena es krim ini dijuak kering. Kemasan awal seperti serbuk, kemudian diseduh dengan air mineral lalu diletakkan di lemari pembeku dan jadilah es krim yang siap dipasarkan
Penjual es krim suntik secara online tentu membidik pasar grosir. Harga bersaing, rasanya enak, dan kualitas bagus membuat es krim ini banyak diminati banyak orang. Konsumen merata dari ujung barat indonesia di aceh sampai ujung timur di papua salah satunya adalah Ice Cream Mr. Cool. Merupakan produk ice cream inovatif terbaru, berupa bubuk instan dalam kemasan dengan metode water injection. Konsep ice cream dalam bentuk bubuk instan menjadikan distribusi menjadi lebih mudah dan murah, sehingga terjangkau oleh semua kalangan di seluruh area. Produk Ice Cream Mr. Cool dibuat dengan standar pabrikasi yang higienis sehingga aman untuk dikonsumsi. Dengan cita rasa yang tinggi membuat Ice Cream Mr. Cool digemari oleh anak-anak, remaja, dan dewasa. Jaminan Sistem distribusi pemasaran yang rapi 1 Wilayah 1 Keagenan dan pangsa pasar yang luas menjadikan bisnis Ice Cream Mr. Cool bisnis yang prospektif.

Strategi pemasaran
-          Buat foto ek krim dalam berbagai bentuk jadi agar tampak menarik
-          Buat situs web atau blog untuk memajang brosur online kita. Cantumkan spesifiknya kemasan, rasa, harga , sampai tata cara pembayaran dan pengirimannya
-          Upload dan iklankan situsweb kita di jejaring sosial dan iklan online seperti bekas.com, blibli, spyonads, 88D8, dan ikutlah milis pendukung
-          Sertakan cara mengisi es kri dan membekukannya dengan baik dalam brosur
Hambatan dan Antisipasi
-          Pengiriman barang terutama ke luar kota dan luar pulau menjadi hambatan utama. Antisipasinya kita harus pendai memilih ekspedisi yang terpecaya agar konsumen tetap setia
-          Layani konsumen dengan baik. Apabila ada keluhan soal rasa, sampaikan bahwa kita akan menurusan keluhan- keluhannya ke pabrik
-          Berikan layanan purna-jual dengan menjawab berbagai pertanyaan konsummen sehubungan denga  pengisian dan pembekuan es krim
 PERALATAN :
1.      Freezer
2.      Injector
3.      Hot Melt Glue
4.      Lem Lilin

ANALISA USAHA
Modal awal;

* 1 buah sprayer harga Rp 55.000
* 1 buah lem tembak harga Rp 35.000
* 10 lem lilin Rp 10.000
* 1 pack es camelo 58.000 = Rp 58.000

Total modal awal Rp 158.000 (paket pemula)
PENYUNTIK /PERAJIN ES KRIM
Modal awal :
1 buah sprayer harga Rp 40.000
1 buah lem tembak harga Rp 40.000
1 kg lem lilin Rp 75.000
3 pack es mr genius  64.000 x 3 = Rp 192.000
1 buah freezer Rp 2.000.000
Total modal awal   Rp 2.347.000
Analisa Penjualan  Di jawa :
1 pack mr genius 240 sachet, jadi per sachet net Rp 64.000 : 240 = Rp 260
Harga jual ke anak-anak Rp 500 per sachet, keuntungan kotor per sachet Rp 500-250 = 240 . Biaya operasional persachet Rp 30. Keuntungan bersih Rp 210
Rata-rata penjualan es 1 sekolah SD adalah 50 sachet – 100 (bungkus), kita ambil yang terkecil penjualan di 10 sekolah adalah 50 x 10  = 500 sachet perhari (ini bisa bertambah kalau punya penjual keliling)
Hari efektif masuk sekolah adalah 26 hari, maka total pendapatan bersih selama 1 bulan adalah sebagai berikut :
Keuntungan bersih x total omset perhari x 26 hari = Rp 210 x 500 bungkus x 26 hari
            Laba bersih perbulan :  Rp 2.730.000
Jika system penjualannya pakai model titip di kantin, keuntungan bersih dikurangi dengan kesepakatan harga dengan pihak kantin.
Analisa Penjualan salah satunya Di Aceh;

* 1 pack CAMELO 240 sachet, jadi per sachet net Rp 58.000 : 240 = Rp 242
* Harga jual ke anak-anak Rp 800 per sachet, keuntungan kotor per sachet Rp 800-242 = 558.
* Biaya operasional persachet Rp 30.
* Keuntungan bersih Rp 558 - Rp 30 = Rp 528
* Rata-rata penjualan es/hari di 1 sekolah SD adalah 50–100 sachet,
* kita ambil contoh penjualan terkecil di 10 sekolah adalah 50 x 10 = 500 sachet perhari (ini bisa bertambah kalau punya penjual keliling)
* Hari efektif masuk sekolah adalah 26 hari, maka total pendapatan bersih selama 1 bulan adalah sebagai berikut :
* Keuntungan bersih x total omset perhari x 26 hari = Rp 528 x 500 bungkus x 26 hari
* Jadi Laba bersih perbulan : Rp 6.864.000

Penutupan
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai bisnis es krim suntik yang menjadi pokok bahasan dalam tulisan ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga tulisan ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya Agar menjadi seorang pembisnis yang maju harus di mulai dari yang kecil. Untuk memulai usaha cobalah dengan hal-hal baru walaupun itu sudah ada, tapi kita buat lebih berbeda, menarik dan lebih murah modalnya, seperti tulisan yang di atas bisnis es krim suntik. modal murah untung banyak semua pengusaha apapun pasti menginginkan itu, jangan mudah menyerah semua halang rintangan harus kita dilalui agar kita menjadi yang lebih baik lagi. Karena usaha ini mempunyai prospek yang cerah dan menguntungkan cocok untuk para pebisnis pemula,. Dan diharapkan para pebisnis bisa menciptakan produk baru yang inovatif dan kreatif.

Daftar pustaka


3 komentar: